mentariku

blog ini diberi nama MENTARIKU karena penulis ingin blog ini bisa terus bersinar dan bisa menberikan semangat seperti mentari yang setia menyinari dunia ini^^ dan kehangatannya membarikan kita semangat^^

Dua "Huruf M" Penentu Keberhasilan

Mungkin anda bingung, kenapa tulisan ini berjudul "Huruf M Penentu Keberhasilan" dan bertanya-tanya kenapa "huruf M" bisa jadi penentu keberhasilan??? Ya..... Huruf M yang dimaksud adalah Motivasi dan Malas, kedua kata yang berawalan "Huruf M" ini  memang menjadi kata kunci seseorang mencapai kebarhasilan. Walaupun kedua kata berawalan "huruf M" ini memiliki arti yang jauh berbeda namun kedua kata ini mempunyai pengaruh yang luar biasa hubat dalam mentukan keberhasilan seseorang.

Huruf M yang pertama adalah "Malas", kita mungkin sering mendengar kata-kata ini diucapkan ketika kita sedang mengerjakan tugas. Malas ini merupakan wabah psikologis yang dapat mejangkiti siapa saja tanpa memandang usia, status dan agama. Malas ini juga merupakan masalah yang harus segera ditangani sebelum berkembang semakin pesat. Malas merupakan penghambat keberhasilan yang paling utama. Kerena ketika kita malas kita menjadi orang yang tidak mempunyai gairah untuk mengerjakan sesuatu, kita menjadi orang yang tidak menghargai hidup kita.

Semua orang memiliki rasa malas dengan tingkatan yang berbeda. Pasa saat yang sama kita juga sering menyesali dan menyayangkan kemalasan yang sangat merugikan ini. Di sinilah perlunya kita mencari solusi untuk mengatasi problem rasa malas. Setiap kasus memiliki solusi yang berbeda. Namun, rasa malas secara umum dapat di atasi dengan beberapa langkah berikut:

Pertama, sesali setiap kali rasa malas itu datang. Menyesali perbuatan yang salah itu penting, sebagai tanda adanya keinginan untuk berubah.

Kedua, buat jadwal garis besar (outline) aktifitas penting yang harus dilakukan hari ini dan berusahalah untuk melakukannya. Catat kegiatan penting yang jadi prioritas utama dan sekunder.

Ketiga, anggap setiap aktifitas yang kita rencanakan adalah janji yang harus ditepati. Dan menepati janji adalah tiket menuju integritas dan kredibilitas kita pada diri sendiri dan di mata orang lain.

Keempat, berteman dengan orang yang dinamis. Hindari berteman dengan orang malas. Mendekatlah pada orang yang dinamis dan mintalah nasihat darinya. Mengagumi orang-orang yang dinamis dan menjauhi si pemalas merupakan langkah awal menghilangkan rasa malas.

Kelima, bersikap aktif dan smart (banyak akal). Aktif artinya pikiran selalu fokus pada apa yang sedang dan akan dikerjakan. Smart berarti memiliki banyak cara untuk mencapai suatu tujuan. Sehingga saat rencana A gagal atau kurang maksimal, dengan mudah akan mencoba cara B atau C, dan seterusnya. Menjadi smart akan membuat kita dapat terhindar dari stress, depresi dan putus asa serta dapat menghindari rasa bosan.

Keenam, olahraga. Olahraga atau sekedar gerak badan ringan setiap hari itu penting untuk menghilangkan rasa malas karena rasa malas yang akut timbul dari ketiadaan gerakan fisik. Dengan olahraga teratur setiap hari akan mengurangi keengganan anggota tubuh untuk bergerak.

Huruf M yang kedua " Motivasi". Kalau "Malas" merupakan kata yang menghambat keberhasilan, sebaliknya kata "Motivasi" merupakan kata yang dapat membangkitkan semangat kita untuk mengejar apa yang kita inginkan. Kembangkan motivasi Anda agar impian anda dapat tercapai dengan maksimal....

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Cari Blog Ini

About this blog

profil-kyu

Foto saya
w orang yang... aga ribet, baek, galak tapi cengeng, orang yang barhati lembut.... yang jelas w i2 princess... narsis dikit tak papa lah..^^