mentariku

blog ini diberi nama MENTARIKU karena penulis ingin blog ini bisa terus bersinar dan bisa menberikan semangat seperti mentari yang setia menyinari dunia ini^^ dan kehangatannya membarikan kita semangat^^

Contoh BAB 1 Tulisan Ilmiah

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Pendidikan merupakan suatu keharusan bagi manusia, karena pendidikan dapat meningkatkan mutu kehidupan manusia, baik secara individu maupun sebagai kelompok dalam masyarakat.

Pendidikan bagi anak-anak di usia dini sangatlah penting. Pendidikan yang diberikan sejak usia dini dapat melatih serta meningkatkan kecerdasan yang dimiliki oleh anak. Pada masa ini,anak-anak mulai memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap benda-benda, kata-kata, tingkah laku yang ada dilingkungan sekitar mereka. Mereka mulai meniru dan bertanya kepada orang tua mereka tentang apa saja yang mereka lihat dan dengar. Pada saat inilah merupakan proses pembelajaran alami seorang anak dan memerlukan bimbingan yang tepat. Membaca dan menulis merupakan salah satu hal yang mendasar bagi seorang anak sebelum ia mempelajari hal yang lainnya. Seperti kata pepatah “melalui membaca kita dapat membuka jendela dunia”.

Mengajari anak membaca merupakan hal yang paling sering menjadi masalah bagi para orang tua, ini dikarenakan banyak orang tua berfikir bahwa proses belajar harus dilaksanakan dengan cara serius, dengan alasan bahwa dengan cara yang serius anak dapat berkonsentrasi secara maksimal sehingga dapat menyerap pelajaran dengan baik dan mudah. Para orang tua yang berfikiran seperti ini sering melupakan, bahwa masa anak-anak merupakan masa bermain dan pada masa ini pula anak-anak berfikir bahwa belajar merupakan suatu kegiatan yang tidak menyenangkan dan membosankan.

Sejalan dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, komputer merupakan alat elektronik yang memiliki banyak fungsi dan dapat di pergunakan berbagai kalangan masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Salah satu fungsi komputer adalah sebagai media belajar yang lebih menarik dan menyenangkan, yaitu dengan memanfaatkan “Aplikasi pembelajaran”. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, anak-anak dapat bermain sekaligus belajar, karena fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh aplikasi ini sangatlah menarik, sebagai contoh gambar yang ditampilkan dapat bergerak, bersuara, dan disertai musik, ini tentunya lebih menarik jika dibandingkan dengan menggunakan buku atau papan tulis sebagai media belajar, hal ini membuat proses belajar menjadi sangat menyenangkan dan yang terpenting tidak membosankan. Sehingga tanpa disadari anak-anak merasa tertarik dan ingin belajar lebih banyak lagi..
Berdasarkan alasan di atas tulisan ilmiah ini akan mengangkat tema “ Aplikasi Pembelajaran untuk Anak Usia Dini”.

1.2 Batasan Masalah

Tulisan Ilmiah ini akan dibatasi pada pembuatan program aplikasi belajar membaca untuk anak usia 3-6 tahun dengan aplikasi multimedia menggunakan macromedia flash 8 serta dilengkapi dengan latihan yang menjadi satu paket dalam program aplikasi ini.

1.3 Tujuan

Tujuan tulisan ilmiah ini adalah membuat program aplikasi CD Interaktif Belajar Membaca agar para orang tua dapat dengan mudah mengajarkan putra-putrinya belajar membaca dengan cara yang santai dan menyenangkan serta dapat menimbulkan rasa ketertarikan anak-anak untuk belajar membaca.
1.4 Metode Penelitian

Dalam memperoleh informasi dan mendapatkan data yang diinginkan. Penulis melakukan penelitian dalam beberapa tahap.
Tahap pertama investigasi, pada tahap ini penulis melakukan studi lapangan ke tempat-tempat penjualan cd interaktif belajar membaca kemudian melakukan tinjauan pustaka dengan membaca buku dan artikel-artikel tentang bagaimana cara pembelajaran yang tepat untuk anak usia dini.

Tahap kedua pengembangan, pada tahap ini penulis merancang program aplikasi yang tepat untuk mengajarkan anak usia dini belajar membaca, yang mengacu pada data yang diperoleh dari tahap sebelumnya.

Tahap ketiga implementasi, pada tahap ini program aplikasi belajar membaca untuk anak usia dini yang sudah jadi akan diuji coba dan dilihat apakah program tersebut sudah layak dan tepat untuk dipakai bahan pembelajaran untuk anak usia dini

1.5 Sistematika Penulisan

Untuk memudahkan dalam pemahaman masalah yang akan dibahas, tulisan ilmiah ini ditulis dengan sistematika berikut ini :

Bab 1 Pendahuluan. Dalam bab ini menjelaskan secara singkat tentang latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penelitian, dan sistematika penulisan.

Bab 2 Landasan Teori. Bab ini menjelaskan secara singkat mengenai landasan-landasan teori mengenai belajar membaca untuk anak usia dini, dan tinjauan perangkat lunak yang akan digunakan khususnya macromedia flash 8, dan lainnya yang berhubungan dengan masalah yang akan dibahas.

Bab 3 Analisa dan Pemabahasan. Bab ini menjelaskan tentang implementasi dan perancangan aplikasi yang meliputi proses perancangan, desain aplikasi dan penggunaan listing program.

Bab 4 Penutup. Bab ini berisi kesimpulan yang dapat diambil dari hasil pembuatan CD inteaktif tentang belajar membaca untuk anak usia dini. Selain kesimpulan, dalam bab ini berisi saran dari penulis yang didapat dari hasil penulisan

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Cari Blog Ini

About this blog

profil-kyu

Foto saya
w orang yang... aga ribet, baek, galak tapi cengeng, orang yang barhati lembut.... yang jelas w i2 princess... narsis dikit tak papa lah..^^