mentariku

blog ini diberi nama MENTARIKU karena penulis ingin blog ini bisa terus bersinar dan bisa menberikan semangat seperti mentari yang setia menyinari dunia ini^^ dan kehangatannya membarikan kita semangat^^

Interpersonal Softskill

Ternyata Softskill sangat di tentukan oleh  Interpersonal Softskill. Anda tentu sudah tahu apa yang dinamakan dengan Interpersonal Softskill?! Ya.... Interpersonal softskill adalah kemampuan diri seseorang dalam beerkomunikasi dengan orang lain, dan setiap orang harus meningkatkannya kemapuan ini untuk meningkatkan softskill yang dia punya. Dibawah ini terdapat trik atau cara agar kita bisa meningkatkan interpersonal skill kita :
  1. Smile (ramah, friendly, baik hati yang konsisten), siapa yang tidak suka?! adakah orang yang tidak suka melihat orang yang selalu tersenyum, ramah, dan friendly... hal yang pertama yang harus kita lakukan untuk meningkatkan interpersonal softskill kita adalah kita harus menjadi orang yang ramah..^^.
  2. Be appreciative (senang menghagai), setiap orang senang jika dihargai. Jadi, selain ramah kita juga harus menghagai orang orang lain. Dan "kalau anda mau dihargai orang lain, maka anda harus menghargai orang terlebih dahulu".
  3. Pay attention to other (perhatian dengan orang lain), ya...  pada dasarnya seseorang senang diperhatiin, dan memberi perhatian kepada orang lain dapat membuat orang lain merasa nyaman di dekat kita.
  4. Menjadi pendengar yang baik, ini merupakan sesuatu hal yang paling sulit dikerjakan... karena pada dasarnya setiap orang itu egois, hanya mau didengarkan tapi tidak mau mendengarkan. mulai sekarang berusahalah untuk menjadi pendengar yang baik dan akan meningkatkan interpersonal softskill kita.
  5. Bring people together (dapat membawa teman), disini diperlukan sikap yang luwes sehingga orang-orang yang disekeliling kita bisa merasa nyaman dengan kita dan membawa teman kita ke arah yang positif.
  6. Menjadi orang yang dapat meredam konflik, disini kuncinya adalah mulai dari point 1 samapai 5. Kalau point 1-5 sudah di pegang insyaallah point ke-6 ini bisa dilakukan dengan baik.
  7. Konflik terjadi karena salah paham, ini merupakan hal yang sering terjadi. Oleh karena itu, perkuat hubungan pertemanan, saling percaya, buka hati dan pikiran, agar dapat menghindarkan diri kita dari konflik karena salah paham.
  8. Memiliki humor yang bagus, ini juga ga kalah penting dari point-point diatas. Orang-orang cepat bosan dan malas berteman dengan orang yang tidak memiliki humor yang bagus, baru dipercandain dikit udah ngambek, udah tersinggung. Jadi, pertahankan selara humor kita, selama itu tidak kelewatan dan keluar batas ya... santai saja....
  9. Empati, ini sangat berhubungan dengan perhatian, empati ini berati kita bisa merasakan apa yang dirasakan orang lain, tapi ingat jangan hanya merasakan saja, tapi buat sesuatu untuk membatu orang tersebut, dan orang-orang sangat senang berteman dengan orang yang ber-empati dengan sekelilingnya.
  10. Jangan menggerutu!!! ini yang paling utama tidak ada orang yang suka berteman dan tahan berteman lama dengan orang yang menggerutu, menggerutu itu boleh saja dan menurut penelitian para ahli kadang-kadang tiap orang perlu untuk menggurutu hanya saja jangan terlalu sering. Dan dengan keseringan menggerutu berarti bahwa anda termasuk orang yang kurang bersyukur.

itulah 10 tips untuk meningkatkan interpersonal softskill kita... semoga bermanfaat...(^_^)v

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Cari Blog Ini

About this blog

profil-kyu

Foto saya
w orang yang... aga ribet, baek, galak tapi cengeng, orang yang barhati lembut.... yang jelas w i2 princess... narsis dikit tak papa lah..^^