mentariku

blog ini diberi nama MENTARIKU karena penulis ingin blog ini bisa terus bersinar dan bisa menberikan semangat seperti mentari yang setia menyinari dunia ini^^ dan kehangatannya membarikan kita semangat^^

Kenapa Kita Dianjurakan Menggunakan Software Open Source dalam Pembuatan Aplikasi???

Kenapa kita dianjurkan mennggunakan software open source dalam pembuatan aplikasi??
hmm.. maksud judul diatas sepertinya sudah jelas ya.. 
Artinya dalam tulisan kali ini saya akan menjelaskan (belagu sok ngerti nie, dan ga bermaksud untuk menggurui ya) kenapa kita (KHUSUSNYA mahasiswa tingkat akhir jurusan sistem informasi) disarankan/dianjurkan untuk menggunakan software yang open source dalam penulisan skripsi kita baik dalam penulisan dan pembuatan aplikasi. 
hmm..langsung ja ya.. oia.. tulisan saya kali ini lebih dibatasi konteks penulisan Skripsi maupun PI

hal yang menjadi alasan kenapa dianjurkan memakai software yang opensource karena software open source memiliki kelebihan sebagai berikut :

software opensouce dari sisi pengguna memiliki kelebihan/ keunggulan antara lain :
1. GRATIS 
     Walaupun ga semua software opensouce itu gratis tapi 99,99 % software opensouce itu gratis. Karena gratis, kita sebagai mahasiswa yang notabanenya adalah seorang pelajar (rata" belum bekerja n masih mengandalkan orang tua) ga perlu membeli software yang asli, karena kita bisa mencarinya dan mendownload bebas di situs software tersebut dan situs sejenis yang menyediakan.
2. LEGAL
     Sekarang ini dalam pembuatan skripsi kita harus mencantumkan lisensi dari software yang kita gunakan dalam membuat aplikasi. Hal ini, mungkin (sok mengira-ira) untuk meminimalisir tindakan pembajakan dan membeli barang  bajakan. Selain itu, karena legal kita jadi memiliki kekuatan hukum dan memimalisir tuntutan di belakang kelak akibat kita memakai software yang tidak berllisensi. Selain itu,  
3. TAHAN TERHADAP SERANGAN VIRUS
     Dalam pembuatan skripsi, pasti mebutuhkan waktu dan pengorbanan yang sangat panjang, dan saat aplikasi yang kita buat  dengan penuh perjuangan (lebay tp emang bener sih) tiba-tiba terhapus oleh orang yang takbertanggung jawab alias para pembuat virus.hmm pasti nyeek banget. Nah... oleh karena itu kita disarankan untuk menggunakan software yang open source  karena software opensource ini lebih kebal trehadap virus.

Dan masih banyak kelebihan lain yg dimiliki oleh software opensource. Tetapi, sekiranya  kelebihan diatas merupakan alasan utama yang mendasari mengapa kita disarankan memakai software opensorce dalam pembuatan aplikasi.

selain itu software open source juga memiliki kekurangan,  antara lain : memerlukan kemamuan teknis yang tinggi, mungkin karena memakai software opensource dan software opensource ini kurang familiar.


sumber : 99% pemikiran saya sendiri yang saya telah pelajari dari dosen-dosen dan yang pernah saya dengar dari teman-teman.

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Cari Blog Ini

About this blog

profil-kyu

Foto saya
w orang yang... aga ribet, baek, galak tapi cengeng, orang yang barhati lembut.... yang jelas w i2 princess... narsis dikit tak papa lah..^^