mentariku

blog ini diberi nama MENTARIKU karena penulis ingin blog ini bisa terus bersinar dan bisa menberikan semangat seperti mentari yang setia menyinari dunia ini^^ dan kehangatannya membarikan kita semangat^^

Paragraf

Paragraf (alinea) adalah sekumpulan kalimat yang tersusun secara logis dan runtun (sistematis) yang memungkinkan suatu gagasan pokok dapat dikomunikasikan kepada pembaca secara efektif. Paragraf dibuat dengan membuat kata pertama pada baris pertama masuk ke dalam (geser ke sebelah kanan) beberapa ketukan atau spasi. Demikian pula dengan paragraf berikutnya mengikuti penyajian seperti paragraf pertama.



Paragraf juga dapat dikatakan sebagai sebuah karangan pendek (singkat). Dengan adanya paragraf, kita dapat membedakan dimana suatu gagasan mulai dan berakhir. Kita akan menemukan kesulitan dalam membaca tulisan atau buku, jika tidak memiliki paragraf, karena seolah-olah kita akan dicambuk untuk membacanya terus-menerus hingga buku atau tulisan itu berakhir. Kitapun susah untuk memusatkan pikiran dari gagasan yang satu ke gagasan yang lain. Dengan adanya paragraf, kita bisa istirahat sejenak untuk memfokuskan kita pada gagasan  yang terkandung dalam paragraf itu.
  • Kegunaan Paragraf
 Kegunaan peragraf yang paling utama adalah untuk menandai permulaan topik baru dan untuk pengem bangan topik selanjutnya.
  • Syarat sebuah paragraf
Di setiap paragraf harus memuat dua bagian penting, yakni :
  1. Kalimat Pokok
Biasanya diletakkan pada awal paragraf, tetapi bisa juga diletakkan pada bagian tengah maupun akhir paragraf. Kalimat pokok adalah kalimat yang inti dari ide atau gagasan dari sebuah paragraf. Biasanya berisi suatu pernyataan yang nantinya akan dijelaskan lebih lanjut oleh kalimat lainnya dalam bentuk kalimat penjelas.
      2.  Kalimat Penjelas
Kalimat penjelas adalah kalimat yang memberikan penjelasan tambahan atau detail rincian dari kalimat pokok suatu paragraf.
  •  Bagian-Bagian Suatu Paragraf yang Baik 
  1. Terdapat ide atau gagasan yang menarik dan diperlukan untuk merangkai keseluruhan tulisan.
  2. Kalimat yang satu dengan yang lain saling berkaitan dan berhubungan dengan wajar.


0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Cari Blog Ini

About this blog

profil-kyu

Foto saya
w orang yang... aga ribet, baek, galak tapi cengeng, orang yang barhati lembut.... yang jelas w i2 princess... narsis dikit tak papa lah..^^